1.4.a.6.1_Refleksi terbimbing-Budaya positif_Guru Penggerak

Diposting pada
  1. Sejauh mana pemahaman Anda tentang konsep-konsep inti yang telah Anda pelajari di modul ini, yaitu: disiplin positif, posisi kontrol guru, kebutuhan dasar manusia, keyakinan kelas, dan segitiga restitusi. Adakah hal-hal yang menarik untuk Anda dan di luar dugaan?

Jawaban: Pada bagian awal tentang materi Budaya Positif saya dapat memahami dengan baik materinya. Dimulai dari materi tentang perubahan paradigma, konsep disiplin positif dan motivasi, keyakinan kelas, dan pemenuhan kebutuhan dasar, lima posisi kontrol. Materi ini dapat saya cerna dan mudah untuk dimengerti. Di beberapa point penjelasan ada juga kuis dan sampai pada materi lima posisi kontrol dasar saya dapat menjawab kuis yang diberikan dengan baik dan benar. Artinya tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan tanda bintang yang berarti menjawab dengan benar kuis yang diberikan.

Tetapi pada materi tentang segitiga restitusi sepertinya saya membutuhkan penyegaran dan otak yang jernih untuk memahami seluruh isi materi ini. Dibutuhkan kerja keras dan membaca berulang-ulang sampai materi ini jelas saya kuasai. Pada kenyataan yang saya alami agak mudah memberikan jawaban atau jalan keluar atas sebuah permasalahan sesuai konsep yang ada dalam pemikiran otak kita.

  1. Tuliskan pengalaman Anda dalam menggunakan konsep-konsep inti tersebut dalam menciptakan budaya positif baik di lingkup kelas maupun sekolah Anda.

Jawaban: Pengalaman saya dalam menerapkan budaya positif disekolah yaitu sebelum pembelajaran dimulai saya selalu membaca ulang kesepakatan kelas yang sudah buat saat awal semester Bersama peserta didik, Kemudian mengevaluiasi pembelajaran yang sudah dilaksanakan sebelumnya sehingga dapaknya dapat memberikan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran

  1. Sebelum mempelajari modul ini, pernahkah Anda menerapkan segitiga restitusi ketika menghadapi permasalahan murid Anda? Jika iya, ada di posisi manakah Anda? Anda boleh menceritakan situasinya dan posisi Anda saat itu.

Jawaban: Saya pernah menerapkan sebelum mempelajari modul ini misalnya Ketika ada anak yang kurang aktif dalam pembelajaran daring, kemudian saya melakukan pendekatan dengan anak murid tersebut untuk memberikan pemahaman tentang seberapa penting aktif mengerjakan tugas dan aktif dalam pembelajaran oline untuk meningkatkan pemahaman murid dalam terhadap mata pelajaran PJOK

  1. Perubahan apa yang terjadi pada cara berpikir Anda dalam menciptakan budaya positif di kelas maupun sekolah Anda setelah mempelajari modul ini?

Saya sudah memahami pemberian hukuman kepada anak kurang tetap tetapi pendisiplin kepada anak melalui pendekatan yang baik akan menghasilkan anak-anak yang mampu