17 Tips Ampuh Lolos CPNS dan PPPK

Pernahkah anda terdiam sejenak memikirkan pekerjaan yang sesuai dan mendapatkan penghasilan jutaan perbulan? Ayo coba releksikan. Disaat tertentu pasti bertanya, “Apakah pekerjaan yang cocok untuk saat ini? sehingga bisa memperbaiki nasib yang mungkin pendapatannya masih rendah.

Dari pertanyaan singkat diatas penulis juga pernah merasakan yang mungkin saat ini dirasakan oleh semua orang. Bermodalkan sebagai guru honorer tentu pendapatan belum cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bacaan Lainnya

Dengan demikian salah satu profesi yang banyak diminati saat ini yaitu menjadi PNS, untuk lulus cpns tidaklah mudah karena jutaan orang bersaing memperebutkan kursi tersebut. Kemudian membutuhkan  persiapan mulai dari awal, mengikuti seleksi sampai proses pemberkasan pengangkatan sebagai calon pengawai negeri sipil.

Berikut penulis membagikan tips lulus cpns dan PPPK yaitu:

  1. Berdoa, tahap ini sangat penting dilakukan agar tujuan untuk menjadi calon pengawai negeri sipil bisa tercapai
  2. Minta dukungan keluar terdekat (Orang tua, saudara, teman, istri, suami) katakan kepada keluargmu bahwa anda mengikuiti seleksi cpns, karena dungkungan mereka membuat perjuangan anda bisa lancar sampai lulus cpns.
  3. Bergabung di grup belajar seperti Grup telegram, whatsapp dan media lainya dengan tujuan mendapatkan pengalaman belajar bersama rekan-rekan di grup belajar tersebut. Memaksimalkan kemampuan anda dalam memahami soal ujian mulai SKD, SKB dan untuk PPPK memahami soal kompetensi teknis, manajerial, wawancara dan sosio kultural. Jangan pernah bosan untuk bergabung dan belajar bersama di grup.
  4. Mingikuti bimbingan belajar berbayar, untuk mencapai tujuan tentu harus banyak pengorbanan salah satunya mengeluarkan uang mengikuti bimbingan belajar. Tujuan mengikuti bimbingan belajar yaitu untuk mengasah kemampuan terkait dengan soal-soal yang akan keluar saat tes nanti.
  5. Memanfaat youtube sebagai sumber belajar alternatif, karena sudah banyak channel membahas tentang soal PPPK dan cpns.
  6. Mengikuti try out berbayar, lagi-lagi harus mengeluarkan uang untuk bisa mengikuti. Jangan pernah memikirkan pengorbanan tersebut karena untuk tujuan memperbaiki nasib menjadi PNS tidaklah mudah. Tujuan mengikuti try out untuk menguji pemahaman terhadap soal yang mungkin keluar di tes nanti.
  7. Mendownload referensi soal di media sosial seperti blog, tujuanya untuk menambah pengetahuan dan pemahaman soal, karena semakin banyak soal yang kita belajarr semakin baik penguasaan terhadap soal.
  8. Membuat catatan penting atau ringkasan saat belajar
  9. Memaksimalkan waktu belajar minimal 2 jam sehari, banyak orang membuang waktu percuma dengan hal-hal yang tidak bermanfaat untuk bisa lulus menjadi CPNS
  10. Membaca info terkini berkaitan dengan kisi-kisi soal dari BKN, dengan mengetahui kisi-kisi soal memudahkan dalam memetakan soal mana yang berpontensi keluar di saat ujian
  11. Bertukar pikiran dengan teman yang berpengalaman mengikuti seleksi cpns dan PPPK, semakin banyak tips semakin banyak informasi yang kita dapat.
  12. Berbuat baik dengan siapa saja, tujuanya dengan kebaikan tersebut mempermudahkan jalan kita menuju ASN
  13. Saat mengikuti tes harus memperhatikan jadwal sehingga jangan sampai terlewatkan
  14. Persyaratan untuk mengikuti tes seperti KTP, kartu Ujian dan persyaratan lain sudah disiapkan sebelumnya
  15. Sebelum mengerjakan soal berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan
  16. Fokus mengerjakan soal jangan terprovokasi dengan peserta lain
  17. Kerjakan soal sesuai dengan waktunya

Beberapa tips diatas berdasarkan pengalaman penulis dalam mengikuti seleksi cpns tahun 2019. Kesimpulanya untuk bisa lulus cpns dan PPPK tidaklah mudah membutuhkan banyak pengorbanan seperti tenaga, waktu dan modal yang cukup. Harapan penulis semoga tips ini bermanfaat.

Penulis: Fian Jeadun

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Tips Lolos CPNS dan PPPK”, Klik untuk baca:

https://www.kompasiana.com/flafianus23544/6193a156c26b777566128b82/tips-lolos-cpns-dan-pppk

 

 

 

 

 

Pos terkait