2.1.a.10. Aksi Nyata – Modul 2.1_Pembelajaran Berdiferensiasi

Pemetaan Kebutuhan Belajar siswa

2.1.a.10. Aksi Nyata – Modul 2.1_Pembelajaran Berdiferensiasi

Oleh: Flafianus Jeadun

Bacaan Lainnya

CGP Angkatan 3 SMP Negeri 6 Kupang

Dalam modul 2. 1 ini, Kami akan mengaktivasi pengetahuan dasar yang telah kita miliki terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi. Setiap guru telah melakuan pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan versi dan pemahamannya masing-masing dan tentu mempunyai pengalaman yang paling berkesan pada saat melakukan proses pembelajaran di dalam kelas dengan murid yang beragam. Menurut Tomlinson (2000) Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.

Tomlinson (2001) dalam bukunya yang berjudul How to Differentiate Instruction in Mixed Ability Classroom menyampaikan bahwa kita dapat mengkategorikan kebutuhan belajar murid, paling tidak berdasarkan 3 aspek. Ketiga aspek tersebut adalah: kesiapan belajar murid, minat dan profil belajarnya. Maka dari itu Pembelajaran Berdiferensiasi dapat dilakukan di kelas karena pembelajaran tersebut dapat menyesuaikan kesiapan belajar murid, minat dan profil belajarnya. Para murid akan menunjukkan kinerja yang lebih baik jika tugas-tugas yang diberikan sesuai dengan keterampilan dan pemahaman yang mereka miliki sebelumnya (readiness/kesiapan belajar). Dan selanjutnya jika tugas-tugas tersebut dapat memicu keingintahuan atau hasrat yang ada dalam diri seorang murid (minat), dan apabila tugas-tugas yang diberikan dapat menyediakan kesempatan bagi murid untuk bekerja dengan cara yang mereka sukai (profil belajar).

Pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal dengan melakukan penerapan Strategi Pembelajaran berdiferensiasi yakni: diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk.

Berdasarkan penjelasan-penjelasan di atas, sebagai CGP dan Juga sebagai Guru Saya merasakan ada perubahan pemikiran yang berkontribusi terhadap pemahaman saya tentang implementasi/aksi nyata pembelajaran berdiferensiasi dalam ruang kelas maya. Langkah Langkah yang saya lakukan yaitu membuat pemetaan kebutuhan belajar murid berdasarkan minat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran PJOK di SMP Negeri 6 Kupang, untuk sementara karena masih pembelajaran secara daring, maka dalam pemetaan ini saya mengunakan aplikasi padlet untuk mengetehui kebutuhan belajar murid berdasarkan minat. Materi yang dibahas dalam pertemuan dikelas yaitu materi lompat jauh. Setelah saya melakukan pemetaan tahap selanjutnya saya Menyusun rencana pembelajaran sesuai dengan hasil pemetaan kebutuhan belajar murid dimana ada strategi diferensiasi proses dan produk.

Berikut gambaran singkat dari aksi nyata di modul 2.1.a.10. Aksi Nyata – Modul 2.1, Langkah-langkah aksi nyata yang telah saya laksanakan disekolah terlihat pada dokumen pdf berikut dan bisa juga download di link berikut.

10_Flafianus Jeadun2.1.a.10. Aksi Nyata – Modul 2.1

Pos terkait