Jurnal Refleksi Minggu Ke-2 Calon Guru Penggerak

Diposting pada

Jurnal Refleksi – Minggu 2

10-CGP Flafianus Jeadun_SMPN 6 Kupang

Setelah saya mempelajari materi PGP pada minggu kedua mulai dari materi Mendesain Kerangka Pembelajaran sesuai dengan Pemikiran KHD hingga pada materi koneksi antar materi tentang filosofis pemikiran KHD. Dalam Jurnal minggu ke 2 ini saya mengunakan jurnal dengan pendekatan Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)

1.Facts (Peristiwa): Pengalaman saya dapat dalam kegiatan PGP minggu ke 2 adalah saya mendapatkan hal menarik bahwa bagaimana kami sekelompok mendesain kerangka pembelajaran sesuai dengan Pemikiran KHD, menurut saya mendesaikan kerangka ini sangat penting dilakukan distiap satuan pendidikan contohnya dalam tugas minggu ini yaitu bersama teman dalam kelompok menyatukan ide dan gagasan dalam mendesain profil pelajar pancasila ini yang menarik menurut saya, dimana profil pelajar pancasila yang kami sudah diskusikan secara sistematis yaitu profil pelajar pancasila “gotong royong’ dimana unsur didalamnya kepedulian, berbagi dan kolaborasi. Dalam kerangka profil pancasila gotong royong sesuai dengan budaya NTT sudah diterapkan selama ini, namun dalam konteks pembelajaran disekolah satuan pendidikan budaya gotong ini hampir punah oleh arus atau perubahan budaya luar contoh pengaruh game terhadap peserta sangat tersebar dimana-mana dampak negatif dari game terhadap peserta didik akan mempengaruhi lemahnya nilai kepedulian dalam diri peserta didik, karena dalam permainan game tersebut peserta didik cenderung duduk menyendiri sambil menikmati gamenya tidak menghiraukan kondisi yang terjadi disekitarnya. Menurut saya ini yang tugas ini untuk menyadari peserta didik untuk membangun kembali nilai gotong royong dilingkungan satuan pendidikan dengan cara membiasakan kegiatan yang sifatnya secara bersama-sama dan melibatkan semua peserta didik dan semua warga sekolah serta lingkungan sekitarnya.

2. Feelings (Perasaan):  Dalam mengikuti pembelajaran pada modul ini saya merasa adanya semangat perubahan dalam pribadi saya untuk lebih memahami dan mendalami tugas guru dalam proses pembelajaran dikelas dan dilingkungan sekitar, karena tugas guru yang sangat mulia inilah yang membuat saya merasa terpanggil untuk memperbaiki cara mengajar, model pendekatan denga siswa, pengelolaan pontensi peserta didik, menuntun mereka ke arah yang lebih baik serta tidak mengandalkan salah satu model pendekatan tetapi lebih dari pada itu lebih menyatu dengan peserta didik berkomunikasi dalam pembelajaran secara terbuka  dan jujur dalam membuat komitmen belajar dan contoh lainya.

3. Findings (Pembelajaran): Hal baru yang saya dapat sudah lumayan banyak saya lebih menyadari bahwa pembelajaran dalam kelompok sangat baik untuk saya terapkan di  sekolah, menyatukan pendapat, menghargai pendapat teman lainya dan mendorong kemauan belajar peserta didik dan lebih menarik yaitu saya mendapatkan aplikasi baru untuk berdiksusi bersama anak-anak saya disekolah walaupun saat situasi pandemi Covid 19 dengan bantuan belajar dan share bersama teman CGP saya mendapatkan hal baru sehingga saya langsung terapkan disekolah denga baik dan respon siswa sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran bersama saya.

4. Future (Penerapan): Saya tetap konsisten dan terus memberikan teladan yang baik, mendorong semangat belajar pesertda didik dan menerapkan model pembelajaran yang kreatif, inovasi, menyeangkan sehingga peserta didik termotivasi dan betah dalam pembelajaran. Lebih penting pembelajaran harus bisa memerdekakan anak didik karena mereka generasi cerdas yang harus siapkan masa depannya deng cara-cara lebih tepat dan efektif.

Semoga bermanfaat untuk calon guru penggerak seluruh tanah air, sukses selalu dan salam bahagia, silahkan download file word tentang refleksi minggu ke 2 calon guru penggerak tertera dibawah ini, diklik dengan sendirinya tersimpan diperangkat anda.

Jurnal Refleksi minggu 2