Jurnal Refleksi Minggu Ke 20_Calon Guru Penggerak

10_CGP Flafianus Jeadun_SMP Negeri 6 Kupang.

Model 5: Connection, challenge, concept, change (4C)

Bacaan Lainnya

Model ini dikembangkan oleh Ritchhart, Church dan Morrison (2011). Model ini cocok untuk digunakan dalam merefleksikan materi pembelajaran. Ada beberapa pertanyaan kunci yan menjadi panduan dalam membuat refleksi model ini, yaitu:

1) Connection: Apa keterkaitan materi yang didapat dengan peran Anda sebagai Calon Guru

Penggerak?

Jawaban: Kertekaitan materi yang saya pelajari minggu 20 dengan peran saya sebagai guru penggerak yaitu Kompetensi sebagai calon guru penggerak perlu dikembangkan terus lewat praktek nyata disekolah sebagai Langkah awal untuk menunjukkan peran guru penggerak untuk mengerakkan ekosistem sekolah sangat diperlukan pada zaman sekarang, karena yang dilakukan selama ini sumber daya belum dikelola secara maksimal baik biotik mampun abiotic. Kemudian yang biasa dilakukan oleh pemimpin sekolah pada umumnya belum maksimal dalam melakukan pendekatan berbasis asset tetapi masih ada atau cenderung melakukan pendekatan berbasis masalah sehingga dampaknya tidak focus pada kekutan yang ada dan pada akhirnya semua dilakukan belum memaksilkan untuk menjawab kebutuhan belajar siswa.

2) Challenge: Adakah ide, materi atau pendapat dari narasumber yang berbeda dari praktik

yang Anda jalankan selama ini?

Jawaban: Pada prinsipnya sebelum saya mempelajari materi ini kenyataan dilapangan atau disekolah belum maksimal dijalankan terkaitan memperdayakan sumber daya atau asset yang ada disekolah, kekuatan sangat besar untuk bisa menjawab kebutuhan belajar murid namun kalau tidak difungsikan akan mubasir. Sehingga sangat penting untuk memperlajari materi pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Pada saat lokakarya 5 saya mempelajar banyak hal berkolaborasi dengan cgp lainya saling berbagai praktek baik yang sudah dijalankan disekolah masing-masing, sehingga pengalaman ini sangat menarik membuat saya  merasa semangat untuk terus belajar menjadi calon guru penggerak yang akan berkontribusi terhadap kemajuan bidang Pendidikan lebih khususnya disekolah tempat tugas saya.

3) Concept: Ceritakan konsep-konsep utama yang Anda pelajari dan menurut Anda penting

untuk terus dibawa selama menjadi Calon Guru Penggerak atau bahkan setelah menjadi

Guru Penggerak?

Jawaban: Konsep utama telah saya pelajari yaitu menjadi pemimpin penggelolaan sumber daya tidak mudah membutuhkan pengalaman dan praktek yang nyata. Pendekatan berbasis asset terus di gerakan dengan tujuan semua ekosistem yang ada disekolah berfungsi dengan baik. Sehingga kebutuhan belajar murid tercapai dan potensi yang sudah ada harus ditingkatkan secara maksimal. Pembelajaran yang berpusat pada siswa harus dijalankan oleh semua warga sekolah lebih khusus oleh Guru.

4) Change: Apa perubahan dalam diri Anda yang ingin Anda lakukan setelah mendapatkan

materi pada hari ini?

Jawaban: Ada perubahan yang saya dapat setelah mempelajari materi ini yaitu saya menyadari bahwa yang dilakukan selama ini terkait dengan pengeloaan sumber daya belum dimaksimalkan tetapi dengan mempelajari materi ini saya berkomitmen terus berkontribusi disekolah berkolaborasi dengan Pimpinan sekolah, rekan sejawat, murid serta dengan orang tua wali murid. Pengalaman dari lokakarya saya juga menyadari bahwa masih ada kompetensi guru penggerak yang belum maksimal dipraktekkan selama ini sehingga dengan merefleksikan Kembali saya menemukan kekurangan saya. Komitmen saya kompetensi yang belum maksimal akan saya perbaiki dan kompetensi yang sudah jalankan saya tingkatkan sehingga bisa berdampak pada muri dan lingkungan sekolah.

Salam Bahagia tetap semangat.

Pos terkait