Soal (FR) terbaru Uji Pengetahuan (UP) PPG Kategori 1Tahun 2022 _Pembahasan lengkap

Selamat datang pengujung setia penaguruntt.com, kesempatan yang sangat tepat admin akan memberitahukan soal-soal terbaru yang sudah keluar di uji pengetahuan PPG kategori 1 yang sudah dilaksanakan pada tanggal 15 sampai 16 oktober tahun 2022.

Berdasarkan informasi dari peserta kategori 1, dalam melaksanakan ujian pengetahuan (UP) banyak soal-soal lumayan sulit atau HOTS dan susah dikerjakan peserta.

Bacaan Lainnya

Model soal-soal yang sudah keluar sebenarnya sudah sesuai dengan kisi-kisi soal UKMPPG. Tetapi kenapa peserta  susah mengerjakan soal tersebut, beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kondisi tersebut yaitu bisa saja peserta kurang mempersiapkan diri dengan belajar atau mungkin peserta belajar tetapi tidak sesuai kisi-kisi soal yang sudah beredar.

Nah kedua faktor di atas merupakan salah satu bagian saja, sementara faktanya banyak faktor yang mempengaruhi keadaan tersebut.

Oke baik, berikut admin akan membahas soal-soal khusus mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK) yang sudah keluar pada uji pengetahuan PPG tahap 1, semoga bermanfaat.

1.Karbohidrat selain sebagai sumber tenaga juga berfungsi untuk…

a. Mempertahankan suhu tubuh.

b. Membentuk zat kekebalan tubuh.

c. Mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh.

d. Membantu percepatan pembentukan sel baru.

e. Membantu percepatan pembentukan hemoglobin dalam darah

Kunci jawaban: A, Mempertahankan suhu tubuh.

2. Guru memberikan tugas secara individu melakukan serangkaian gerak melempar ke sasaran, dengan variasi baik jarak maupun target sasarannya yang dilakukan secara bertahap dan berulang. Peserta didik dengan jujur melaporkan secara tertulis hasil lemparan, dalam setiap sesi tugas gerak yang dilakukan. Tugas dari guru yang diberikan tersebut bertujuan untuk penilaian aspek

a. sikap dan keterampilan

b. pengetahuan dan keterampilan

c. keterampilan

d. sikap sosial

e. pengetahuan

Kunci jawaban: A, sikap dan pengetahuan

Pembahasan: Tugas gerak yang diberikan guru tersebut merupakan salah satu penilaian keterampilan dan juga siswa secara sadar melaporkan kepada pak gurunya artinya salah satu aspek penilaian sikap

3. Pelaksana program sertifikasi pendidik adalah…

a. Perguruan Tinggi yang memiliki program pendidikan yang ditunjuk pemerintah

b. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

c. Kementrian Agama

d. Badan diklat Sumber Daya Manusia Pendidik dan tenaga kependidikan

e. Dinas Pendidikan baik daerah kabupaten maupun daerah provinsi yang diatur dengan ketentuan pemerintah

Kunci jawaban: Perguruan Tinggi yang memiliki program pendidikan yang ditunjuk pemerintah

Pembahasan: Dasar utama pelaksanaan sertifikasi adalah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (UUGD) yang disahkan tanggal 30 Desember 2005. Pasal yang menyatakannya adalah Pasal 8: guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Pasal lainnya adalah Pasal 11, ayat (1) menyebutkan bahwa sertifikat pendidik sebagaimana dalam pasal 8 diberikan kepada guru yang telah memenuhi persyaratan. Landasan hukum lainnya adalah Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan yang ditetapkan pada tanggal 4 Mei 2007. Selanjutnya ditetapkan berbagai peraturan perundang-undangan tentang pelaksanaan Sertifikasi Guru bagi Guru dalam Jabatan.

Ada pun yang melaksanakan sertifikasi guru jika merujuk pada UUGD Pasal 11 ayat (2) dinyatakan bahwa sertifikasi pendidik diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang memiliki program pengadaan tenaga kependidikan yang terakreditasi dan ditetapkan oleh Pemerintah. Dengan demikian sertifikasi guru diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang terakreditasi.

4. Kegiatan siswa yang dilakukan di luar jam pelajaran sekolah dengan tidak melakukan pengayaan materi pelajaran, dilakukan pada kegiatan…

a. Intrakurikuler

b. Ko-kurikuler

c. Ekstrakurikuler

d. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

e. Kegiatan kemah bersama seluruh siswa

Kunci jawaban: C, Ekstrakurikuler

Pembahasan: Kegiatan ekstrakurikuler atau ekskul adalah kegiatan tambahan yang dilakukan di luar jam pelajaran yang dilakukan baik di sekolah atau di luar sekolah dengan tujuan untuk mendapatkan tambahan pengetahuan, keterampilan dan wawasan serta membantu membentuk karakter peserta didik sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

5. Salah satu contoh konkret penggunaan aplikasi untuk media pembelajaran yang digunakan guru saat pembelajaran di kelas pada era digital adalah…

a. corel draw

b. power point

c. macromedia flash

d. MS word

e. Wiki

Kunci Jawbaban: B, Power point

Pembahasan: Manfaat utama dari Microsoft PowerPoint adalah mempermudah siswa untuk memahami materi yang disampaikan sehingga mereka tertarik dengan materi tersebut. Microsoft PowerPoint sangat efektif dan profesional sebagai media pembelajaran. Power poin sangat cocok pembelajaran di era digital karena bisa menampilkan audio visual yang sudah terintegrasi dengan materi pembelajaran.

6. Suatu ketika Anda akan merancang pembelajaran “blended learning, dimana pembelajaran daring (online) akan dilakukan melalui Video conference di waktu malam hari. Berikut adalah aplikasi daring yang dapat digunakan melakukan daring ….

a. Whatsapp

b. Google Classroom

C. Moodle

d. Edmodo

E. Google meet

Kunci jawaban: E, Google meet

Pembahasan:Rekomendasi Situs dan Aplikasi Video Conference Terbaik Google Meet. Berbeda dengan Google Hangouts yang lebih informal, Hangouts Meet ditujukan untuk keperluan bisnis karena terkoneksi dengan akun  Zoom, Microsoft Teams.

7. Dalam pembelajaran PJOK SMP materi permainan sepak bola, bola tangan, dan bola basket, termasuk dalam kategori …

a. invasi game

b. net/wall game

c. striking/field game

d. invasi and field game

e. wall and gamme

Kunci jawaban: A, invasi game

Pembahasan: Permainan invasi adalah aktivitas permainan yang di dalamnya ada aktivitas menyerang untuk membuat suatu goal, dan ada aktivitas yang mencoba menghambat terjadinya goal tersebut.

Contohnya: contoh permainan invasi adalah sepak bola, bola basket, bola tangan, dll. Namun pada penelitian ini hanya menggunakan permainan sepak bola dan bola basket saja.

8. Sikap pasang adalah kombinasi sikap kaki dan sikap tangan dengan kuda-kuda maupun tanpa kuda-kuda, yang selalu disertai dengan kesigapan mental dan indera secara total. sikap pasang dengan posisi tangan dan lengan yang tidak melindungi tubuh disebut juga sebagai sikap pasang …

a. sikap pasang 1

b. sikap pasang 2

c. sikap pasang 3

d. sikap pasang terbuka

e. sikap pasang tertutup

Kunji jawaban:  D, sikap pasang terbuka

Pembahasan: Bentuk sikap pasang terbuka terlihat dari posisi penempatan bagian tangan serta lengan, yang tidak melindungi tubuh. Pada sikap pasang terbuka, kuda-kuda yang digunakan merupakan variasi tengah belakang sehingga tubuh bagian atas lebih membuka.

9. Posisi badan saat akan melakukan gerakan meroda pada senam lantai adalah…

a. linier ke arah gerakan

b. menyilang arah gerakan

c. meghadap arah gerakan

d. menyamping arah gerakan

e. Lurus ke depan

Kunci jawaban: menyamping arah gerakan

Pembahasan:

3 langkah gerakan meroda?

Cara melakukan gerakan meroda adalah. 1.badan berdiri tegap, menghadap menyamping arah gerakan. 2.Posisi kaki di buka selebar bahu dan kedua tangan di angkat ke atas dan di buka lebar menyerupai huruf V. 3. Jatuhkan badan ke kanan hingga tangan kanan menyentuh matras dan tangan kiri menghadap lurus ke atas

10. Pembelajaran PJOK tidak terlepas dari mobilitas gerak yang tinggi, tentunya resiko kegawat daruratannya sangat besar. sebagai guru PJOK harus memahami prosedur menangani serta menolong peserta didik jika mengalami kejadian tersebut. tindakan pertama yang seharusnya dilakukan guru untuk menolong peserta didik yang mengalami pingsan adalah…

a. memberikan bantuan pernapasan

b. memeriksa nadi dan  pernapasan

c. mengadakan diagnosa kondisi badan korban

d. menanyakan kondisi pada korban

Berdasarkan pilihan diatas, jawaban yang paling benar adalah: B. memeriksa nadi dan pernafasan.

Demikian 10 nomor soal yang sudah keluar pada bulan ini, nantikan pembahasan soal selanjutnya.

Pos terkait