Soal terbaru Uji Pengetahuan (UP) PPG daljab 2022_ PJOK_Part 1

Soal UP PPG 2022

Contoh soal ujian pengetahuan pendidikan profesi guru (PPG) dalam jabatan tahun 2022, sumber soal dari modul belajar mandiri sehingga berpeluang akan di uji pada PPG tahun ini. Uji pengetahuan merupakan salah puncak perjuangan mahasiswa PPG selain tes uji kinerja. Dengan demikian sangat diharapkan untuk mempersiapkan dengan belajar semua soal PPG sesuai mata pelajaran.

Berikut admin membagikan beberapa soal tes uji pengetahuan sesuai modul belajar mandiri PPG dalam jabatan tahun 2022. 

Bacaan Lainnya

Petunjuk pilihan yang tepat ditandai dengan bold.

1.Mampu menguraikan kriteria keilmuan yang mencakup aspek ontologi, dan epistemologi dalam sebuah disiplin ilmu keolahragaan Obyek material ilmu keolahragaan adalah:

A. Biomekanika

B. Ilmu gizi

C.  Manusia yang bergerak

D. Tubuh manusia

E. Sarana prasarana

Kunci Jawaban: C

2.Mampu menguraikan kriteria keilmuan yang mencakup aspek aksiologi dalam sebuah disiplin ilmu keolahragaan Dalam pilar filsafat, kajian tentang manfaat ilmu keolahragaan disebut sebagai:

A. Aksiologi

B. Ontologi

C. Metafisika

D. Epistemologi

E. Logika

Kunci Jawaban: A

3. Mampu menguraikan fenomena gerak manusia melalui perilaku gerak (bermain, berolahraga, dan berlatih) dalam disiplin ilmu keolahragaan Akar olahraga adalah manusia yang bermain. Ciri-ciri suatu aktivitas dapat disebut permainan adalah:

A. Serius

B. Menggunakan lapangan

C. Tujuannya untuk aktivitas permainan itu sendiri

D. Melibatkan banyak orang

E. Adanya wasit

Kunci Jawaban: C

4. Mampu menjelaskan sejarah olimpiade kuno dilaksanakan di kota:

A. Athena

B. Olympia

C. Santorini

D. Yunani

E. Evosmos

Kunci Jawaban: B

Penjelasan: limpiade      Olympia               Empat tahun sekali          Herakles sang Daktil, Zeus            Mahkota daun zaitun

5. Mampu menjelaskan sejarah olimpiade modern Pada abad ke 19, Olimpiade modern kembali dihidupkan kembali dengan pelopor seorang bangsawan Perancis yang bernama:

A. Robert Baden-Powell

B. Thomas Alva Edison

C. Olimpus

D. Pierre Fredy Baron de Coubertin

E. Zinadine Zidane

Kunci Jawaban: D

Penjelasan: Pierre de Frédy, baron de Coubertin (lahir di Paris, Perancis, 1 Januari 1863 – meninggal di Jenewa, Swiss, 2 September 1937 pada umur 74 tahun]) adalah seorang guru dan sejarawan Perancis, namun paling dikenal sebagai penemu Olimpiade Modern.

6. Mampu menguraikan aspek  perkembangan gerak, tahapan perkembangan berjalan anak dari usia 0-5 tahun adalah sebagai berikut:

A. Berjingkat, berjalan merambat, berjalan mundur, berlari

B. Berjalan dituntun, berjalan cepat, berlari

C. Berjalan berpegangan, berjalan mundur, berjalan jinjit, meniti

D. Merangkak, berjalan mengikuti gerakan binatang, melompat, berlari

E. Berlari, berdiri, merangkak

Kunci Jawaban: 

Penjelasan: Usia 0-5 tahun adalah masa golden age anak, di mana anak tumbuh dan berkembang dengan pesat. Sehingga, fase itu sangat penting untuk dipantau orangtua,”

7. Mampu menguraikan perbedaan gerak non-lokomotor, lokomotor dan manipulatif dalam implementasi terhadap aktivitas penjas dan olahraga Menggiring bola dengan kaki termasuk gerak:

A. Manipulatif

B. Non-lokomotor

C. Sepakbola

D. Lokomotor

E. Otomatisasi

Kunci jawaban: A

Penjelasan: Gerak manipulatif adalah salah satu bentuk aktivitas gerak dasar yang dilakukan anggota badannya dengan menggunakan objek, seperti: menendang, melempar, mendorong, memukul, memantul, serta mengguling, menerima, menangkap, menghentikan dan sebagainya.

8. Mampu menjelaskan aspek kognitif, emosi dan fisik dalam pengaruh gerak yang terampil guru dapat membantu perkembangan motorik anak secara emosional dengan cara:

A. Memodifikasi sarana dan prasarana

B. Memotivasi anak untuk bergerak

C. Mengkritik kesalahan gerak

D. Memberikan latihan drill

E. Membiarkan anak bermain

Kunci Jawaban: B

9. Mampu menguraikan fase-fase belajar gerak Urutan fase-fase belajar Gerak adalah:

A. Asosiatif, otomatisasi, kognitif

B. Otomatisasi, asosiatif, kognitif

C. Kognitif, asosiatif, otomatisasi

D. Kognitif, otomatisasi, asosiatif

E. Asosiatif, kognitif, otomatisasi

Kunci jawaban: C

Penjelasan: Fitts dan Posner mengemukakan bahwa proses belajar gerak keterampilan terjadi dalam tiga fase yaitu: Fase Kognitif, Fase Asosiatif, Fase Otonom

10. Mampu mengimplementasikan fase-fase belajar gerak dalam aktivitas penjas dan olahraga, Menyampaikan materi servis bawah pada permainan bola voli dengan cara mengulang-ulang gerakannya akan lebih cocok untuk siswa yang masih dalam tahap belajar gerak:

A. Asosiatif

B. Afektif

C. Psikomotor

D. Otomatisasi

E. Motorik

Kunci jawaban: A

Penjelasan: Fase Asosiatif disebut juga fase menengah. Fase ini ditandai dengan tingkat penguasaan gerak dimana pelajar sudah mampu melakukan gerakan-gerakan dalam bentuk rangkaian yang tidak tersendat-sendat pelaksanaannya. Dengan tetap mempraktikkan berulang-ulang pelaksanaan gerakan akan semakin efisien, lancar sesuai dengan keinginannya, dan kesalahan gerakan semakin berkurang

11. Mampu menjelaskan pengertian pemanduan bakat dalam olahraga Hakikat guru melakukan pemanduan bakat olahraga adalah untuk:

A. Menciptakan atlet hebat

B. Memperkirakan potensi prestasi Anak

D. Memandu anak dalam berolahraga

C. Memilih siswa untuk ekstrakurikuler olahraga

E. Mencari atlet

Kunji Jawaban: B

Penjelasan: Proporsi Pendidikan Jasmani dan Olahraga (komponen materi: Child centered (sesuai dengan kebutuhan anak/individualized))

Soal selanjutnya dipart 2 semoga menambah pengetahuan dalam mempersiapkan uji pengetahuan PPG dalam jabatan tahun 2022

Pos terkait