Ternyata Sticky Note Membuat Siswa Bisa Menyampaikan Idenya di Kelas, Seperti ini Caranya!

Sticky Note media menuangkan pendapat

Hai, Bapak/ibu Guru admin akan membagikan pengalaman yang mungkin sudah pernah dilakukan di  dalam kelas atau belum pernah?

Pernah bapak/ibu mengamati siswa dalam kelas tidak mau menyampaikan pendapatnya, memilih diam saja ketika ada pertanyaan!

Bacaan Lainnya

Bagaimana caranya supaya siswa bisa menyampaikan pendapatnya di kelas?

Pembelajaran abad 21 mengharuskan siswa memiliki keterampilan yang biasa disebut dengan 4 C.

Keterampilan tersebut adalah keterampilan 4C yaitu keterampilan Critical Thinking, Communication, Creative Thinking, dan Collaboration.

Nah kemampuan berpikir kritis saling keterkaitan dengan keterampilan komunikasi, bagaimana peran guru membangkit semangat siswa untuk melatih keterampilan 4C tentunya tidak semudah dibicarakan tetapi harus dilakukan secara bertahap sehingga hasilnya bisa tersalurkan melalui peserta didik.

Memang tidak semua siswa dalam kelas cenderung diam tidak mau berbicara atau bertanya tentang materi yang belum dipahami tetapi ada juga sebagian siswa yang aktif bertanya dalam kelas, inilah yang diharapkan dalam sistem pembelajaran yang berpusat pada murid.

Berdasarkan pengalaman penulis dalam pembelajaran dikelas salah satu cara untuk membangkitkan minat siswa menyampaikan indenya bisa melalui sticky note. Guru membagikan kertas sticky note ke kemudian masing-masing siswa menjawab pertanyaan dengan menuliskan jawaban atas pertanyaan tersebut di kertas sticty note, kemudian maju ke depan kelas menempelkan ke papan tulis. Cara ini sangat ampuh secara bertahap melatih siswa menyampaikan pendapatnya walaupun melalui kertas tersebut. Kemudian memberikan waktu untuk peserta didik bisa berpikir sebelum menjawab pertanyaan.

Ketika dibiasakan secara bertahap, maka hasilnya siswa yang tadinya malu menyampaikan pendapat mulai berani menyampaikan pendapatnya di kelas.

Sticky Note media menuangkan pendapat siswa di kelas

Gambar di atas salah satu contoh kegiatan pembelajaran di kelas siswa menempelkan sticky note di papan tulis.

Semoga bermanfaat bapak/ibu guru.

Pos terkait