Tugas LMS CGP_3.1.a.5.1_Studi Kasus Pengambilan Keputusan_Dilema Etika

Setiap CGP dibagi dalam bentuk Kelompok diskusi membahas satu kasus yang biasa terjadi dalam kegiatan sehari-hari. Tujuan diskusi tersebut untuk mengambil keputusan dalam kasus yang diangkat kelompok. Sangat menarik materi pada modul 3.1 Pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran.

Dibawah ini akan dipaparkan deskripsi singkat terkait dilema etika, kemudian paradigma pengambilan keputusan dan 9 prinsip pengambilan keputusan. Untuk itu bisa download langsung tugas tersebut pada halaman terakhir tulisan ini dalam bentuk file pdf. Semoga bermanfaat. Salam Bahagia.

Bacaan Lainnya

Empat Paradigma Dilema Etika
Dari pengalaman kita bekerja kita pada institusi pendidikan, kita telah mengetahui bahwa dilema etika adalah hal berat yang harus dihadapi dari waktu ke waktu.
Ketika kita menghadapi situasi dilema etika, akan ada nilai-nilai kebajikan mendasari yang bertentangan seperti cinta dan kasih sayang, kebenaran, keadilan, kebebasan, persatuan, toleransi, tanggung jawab dan penghargaan akan hidup.
Secara umum ada pola, model, atau paradigma yang terjadi pada situasi dilema etika yang bisa dikategorikan seperti di bawah ini:
1. Individu lawan masyarakat (individual vs community)
2. Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy)
3. Kebenaran lawan kesetiaan (truth vs loyalty)
4. Jangka pendek lawan jangka panjang (short term vs long term)

Download contoh studi kasus Pengambilan Keputusan dilema etika.

Tugas CGP 3.1.a.5.1. Ruang Kolaborasi – Kerja Kelompok – Copy

Pos terkait