Setelah Lulus PPG, Apa yang perlu disiapkan? ini Jawabannya!

Cara mendapatkan Tunjangan profesi guru

Bapak/ibu guru hebat dimanapun berada, untuk mendapatkan status sebagai guru profesional menurut aturan yang sudah ada, guru harus melalui pendidikan profesi guru baik PPG dalam jabatan maupun PPG prajabatan. Oleh karena itu guru melalui proses perkuliahan yang cukup melelahkan dan membutuhkan biaya sampai selesai PPG.

Dibalik perjuangan tersebut pada akhirnya dinyatakan lulus profesi guru melalui uji kinerja (UKIN) dan Uji Pengetahuan, nah ada  pertanyaan yang sering muncul dan juga menjadi kegelisahan Bapak/Ibu Guru setelah mengetahui dinyatakan lulus PPG yaitu:

Bacaan Lainnya

1. Setelah dinyatakan lulus PPG, apa yang selanjutnya disiapkan sehingga mendapatkan tunjangan profesi guru pada tahun 2024?

Jawaban: Peserta yang sudah dinyatakan lulus selanjutnya tetap memantau informasi di LPTK/kampus yang menyelenggarakan Pendidikan profesi guru, peserta mengisi ulang data (sekedar konfirmasi) untuk mendapatkan Surat Keterangan Lulus (SKL) dan perlu diperhatikan surat keterangan lulus menyatakan peserta tersebut sudah dinyatakan selesai mengikuti PPG dan dinyatakan lulus dan menunggu penerbitan sertifikat pendidik dari LPTK (sertifikat pendidikan tertera nomor sertifikat dan NIM Mahasiswa PPG)

2. Apa yang disiapkan selanjut setelah mendapatkan SKL dan Sertifikat Pendidik?

Jawaban:

Koordinasi dengan operator sekolah input data kelulusan peserta (guru) ke data pokok pendidik (Dapodik)

3. Kapan nomor registrasi guru (NRG) keluar di dapodik?

Jawaban:

penerbitan NRG adalah hasil validasi sistem yang diambil data input dapodik tentang kelulusan PPG, tugas Bapak/ibu guru memantau terus datanya melalui Info GTK login mengunakan akun PTK yang sudah diberikan operator sekolah (email dan pasword), NRG bisa di lihat di aplikasi infogtk sekitar bulan Maret atau April nanti. Input data kelulusan valid berarti NRG pasti akan terbit.

4. Kapan tunjangan profesi guru cair?

Jawaban:

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya triwulan satu mulai cair bulan april, triwulan dua dibulan juli, triwulan 3 di bulan september dan triwulan 4 dibulan desember)

5. Lalu bagaimana dengan pemberitahuan bahwa kalau tidak di input sampai batas bulan desember, tunjangan sertifikasinya tidak bisa cair tahun 2023? ITU HOAX!

Jawaban:

Karena penerbitan NRG adalah hasil validasi sistem yang diambil data input dapodik tentang kelulusan PPG. Jika data input valid maka NRG pasti akan terbit. Jadi mau di input di dapodik 2023 maupun nanti di input di dapodik baru 2024 hasilnya akan sama, yaitu data NRG bisa di lihat di aplikasi infogtk sekitar bulan Maret atau April nanti. Inputan data kelulusan valid berarti NRG pasti akan terbit.

Jadi kesimpulannya

Jadi, tenang dan jangan galau, informasikan saja ke operator sekolah dan biarkan operator sekolah menginput data kelulusan. Apakah malam tahun 2023 atau menunggu dapodik baru nanti pada tahun 2024. Karena input tahun 2023 , atau nanti di dapodik baru, hasilnya akan sama, yaitu NRG terbit di validasi infogtk sekitar bulan Maret atau April nanti.

Demikian sedikit informasi terkait Bapak/ibu Guru yang baru dinyatakan lulus PPG tahun 2023, semoga informasi bermanfaat.

Pos terkait