Evolusi Kurikulum Pendidikan: Mengikuti Orientasi Belajar, Pergeseran Cita-Cita, dan Kemajuan Teknologi

Ari Bero
Canva.com

Evolusi Kurikulum Pendidikan: Mengikuti Orientasi Belajar, Pergeseran Cita-Cita, dan Kemajuan Teknologi

By : Marianus Haryanto ( Ari Bero)

Bacaan Lainnya

Guru SMK Ngeri 1 Welak

Pendidikan merupakan landasan bagi perkembangan individu dan masyarakat. Dalam menghadapi perubahan zaman, kurikulum pendidikan menjadi kunci utama agar siswa dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi tuntutan kehidupan di masa depan. Artikel ini akan membahas pentingnya perubahan dan adaptasi kurikulum sesuai dengan perkembangan zaman, perkembangan teknologi, dan pergeseran cita-cita anak-anak di era modern.

Pergeseran Cita-Cita dan Orientasi Belajar

Dahulu, cita-cita siswa cenderung mengarah pada profesi klasik seperti menjadi guru, dosen, atau dokter. Namun, perkembangan zaman telah membawa perubahan signifikan. Anak-anak sekarang lebih cenderung tertarik untuk menjadi konten kreator, pembuat animasi, atau perancang perangkat lunak komputer. Perubahan ini mencerminkan pergeseran kebutuhan pasar kerja dan minat individu yang semakin beragam.

Kebutuhan Adaptasi Kurikulum

Ketidaksesuaian antara kurikulum tradisional dengan perkembangan zaman dapat mengakibatkan kesenjangan pengetahuan dan keterampilan. Oleh karena itu, kurikulum perlu terus berubah dan beradaptasi agar dapat memenuhi kebutuhan siswa. Kurikulum yang terkini dan relevan dengan perkembangan teknologi akan membantu siswa mempersiapkan diri untuk tantangan dunia kerja yang dinamis.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mempengaruhi paradigma pembelajaran. Integrasi teknologi dalam kurikulum dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan memberikan siswa kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang relevan dengan era digital. Pembelajaran berbasis proyek, penggunaan aplikasi edukatif, dan pelatihan keterampilan digital menjadi bagian integral dari kurikulum yang responsif terhadap tuntutan jaman.

Partisipasi Aktif Pihak Terkait

Perubahan kurikulum bukanlah tugas yang mudah, melibatkan pemerintah, pendidik, industri, dan masyarakat. Partisipasi aktif dari berbagai pihak akan memastikan bahwa kurikulum yang diusulkan dapat mencakup semua aspek yang diperlukan dan relevan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan siswa.

Pentingnya adaptasi kurikulum pendidikan sesuai dengan tuntutan jaman, perkembangan teknologi, dan pergeseran cita-cita anak-anak adalah kunci keberhasilan pendidikan masa depan. Hanya dengan kurikulum yang dinamis dan responsif, kita dapat memberikan bekal yang memadai bagi generasi penerus untuk menghadapi perubahan yang terus berlangsung di dunia ini. Kurikulum Merdeka bisa menjadi pilihan yang paripurna untuk  saat ini untuk diterapkan secara serentak di semua satuan Pendidikan. Akan tetapi, pelaksanaan Kurikulum yang secara serentak dan masif perlu dibarengi atau disambut oleh fasilitas sarana dan prasarana pendukung yang memadai di semua satuan Pendidikan.

Catatan :

  1. Tulisan ini diadaptasi dari presentasi akademik di Aplikasi PMM yang berjudul “Mengapa Kurikulum harus Berubah?”.
  2. Tulisan Ini merupakan Aksi Nyata yang dilakukan Penulis dengan tujuan membagi pemahaman tentang : “Mengapa Kurikulum harus berubah?”.

Pos terkait